Berikut Sambutan SBY Dalam Pembukaan Sea Games 2011

Jumat, 11 November 2011 - 22:10
SBY saat memberikan sambutan dalam pembukaan Sea Games 2011 yang diwarnai hujan deras
 
Palembang - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan ajang SEA Games sesungguhnya merupakan langkah nyata untuk memperkuat kebersamaan di kawasan Asia Tenggara. Dalam sambutannya pada pembukaan SEA Games ke-26 di Stadion Sriwijaya, Kawasan Olahraga Jakabaring, Palembang, Jumat malam, Presiden menyatakan cita-cita besar ASEAN adalah mewujudkan kebersamaan dan kemitraan bangsa-bangsa di kawasan Asia Tenggara.

"ASEAN kian menjadi kawasan dinamis dan penuh kemajuan. Mari kita tingkatkan kerja sama dan kemitraan lebih tinggi untuk mewujudkan Asia Tenggara yang damai, adil, maju dan sejahtera," tutur Presiden yang mengenakan pakaian adat Palembang lengkap dengan ikat kepala.

SEA Games ke-26 yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang pada 11-22 November 2011 mengawali rangkaian kegiatan ASEAN pada akhir 2011. Pada 17-19 November 2011 di Bali akan diselenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang dihadiri oleh kepala negara/pemerintahan sepuluh negara anggota ASEAN.

"Sekarang menjadi tujuan bersama ASEAN melalui pertemuan-pertemuan penting ingin memperkokoh kebersamaan ASEAN dengan tema besar ASEAN satu visi, identitas, dan komunitas," ujar Presiden Yudhoyono.

Presiden yang menjabat Ketua ASEAN 2011 itu menyampaikan optimismenya bahwa Asia Tenggara akan menjadi wilayah dan pilar kemajuan penting pada tingkat Asia dan bahkan dunia.

"Tanda-tanda dan jalan Tuhan ke arah itu mulai tampak jelas dan Insya Allah akan memberikan peluang besar," katanya.

Atas nama negara dan pemerintah, Presiden Yudhoyono mengucapkan selamat datang dan selamat bertanding kepada peserta SEA Games ke-26.

"Melalui SEA Games 2011 ini saya berharap kita meraih prestasi tinggi dan menjadi kebanggaan baru bagi Asia Tenggara dan bahkan dunia," ujarnya.

Kepala Negara menyatakan dalam dunia olahraga selalu terbuka ruang untuk mencetak prestasi gemilang melalui tekad, upaya gigih, dan jiwa sportivitas yang tinggi.

Pembukaan SEA Games ke-26 yang berlangsung meriah meskipun hujan yang membasahi Stadion Sriwijaya. Pihak panitia untungnya telah menyediakan payung dan jas hujan berbahan plastik yang disediakan di kursi setiap penonton.

Para atlet peserta SEA Games yang melakukan defile akhirnya mengikuti sisa acara pembukaan sambil berdiri kehujanan di tengah stadion. Presiden Yudhoyono yang sedianya menyampaikan pidato di panggung di tengah lapangan akhirnya berbicara dari atas tribun yang beratap. [ant/ndis]

- Copyright © Sejahtera FM - Odanje.com - Powered by OdanJe - Designed by D-tube -