Gubernur Tetapkan Jatim Siaga Bencana

Surabaya Propinsi Jawa Timur tetapkan siaga bencana mulai Januari 2012 ini. Seluruh unsur tanggap darurat bencana dan potensi SAR daerah disiapkan 24 jam untuk antisipasi kemungkinan bencana alam yang terjadi.

Soekarwo Gubernur Jawa Timur pada wartawan, Senin (2/1/2012) mengatakan pihaknya sudah perintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur memetakan kawasan rawan bencana.

Unsur-unsur terkait dengan pencegahan bencana, seperti PT Jasa Tirta juga sudah bekerjasama dengan Pemprov Jawa Timur meminimalisir risiko bencana dengan mengelola arus air di sungai-sungai besar.

Untuk ancaman bencana banjir, ada beberapa daerah yang kini masih dapat perhatian. Diantaranya di kawasan Situbondo dan Bondowoso. Banjir di kawasan itu terjadi lantaran pintu air di bendungan dibuka untuk kepentingan pasokan daya di PLTA. Jika bendungan ditutup, turbin-turbin di PLTA itu tidak bisa bergerak dan hasilkan listrik. Tapi jika dibuka, risiko daerah di bawahnya tergenang banjir.

Untuk kawasan Ngopak (perbatasan Pasuruan-Probolinggo), Gubernur sudah instruksikan Dinas Pengairan untuk mengawasi pintu air ke laut selama 24 jam.

Sedangkan banjir di sekitar Bojonegoro, kata Gubernur, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT Jasa Tirta 2 agar jangan sampai terlambat membuka pintu-pintu air. “Kami minta pengawasan 24 jam di aliran sungai Bengawan Solo dan Sedayu Lawas,” kata Gubernur.

Untuk bencana longsor yang mulai terjadi di musim penghujan ini, diakui Gubernur, penanganannya tidak bisa jangka pendek. “Kita minta dilakukan pemberitahuan warning ke masyarakat tentang daerah-daerah yang rawan longsor, seperti di jalur Ponorogo-Trenggalek, Gunung Gumitir, dan lain sebagainya,” kata dia.

Selain itu, alat-alat berat juga disiapkan di titik-titik rawan agar pergerakannya bisa cepat menyingkirkan longsoran dan membuka jalan yang tertutup longsor.

Seperti diberitakan, awal Januari ini sudah terjadi sejumlah bencana, misalnya banjir di kawasan Ngawi yang sempat menutup jalan nasional Solo-Madiun, kemarin. Longsor juga terjadi di Gunung Gumitir menutup jalur Jember-Banyuwangi tadi pagi.

- Copyright © Sejahtera FM - Odanje.com - Powered by OdanJe - Designed by D-tube -