Awas! Badai Tropis Angin Kencang Mulai Nampak

 
Selasa, 24 Januari 2012 15:04:22 WIB


Sidoarjo - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda menghimbau kepada masyarakat yang setiap harinya bersinggungan dengan kelautan, seperti pelayaran, nelayan dan sejenisnya, untuk waspada terhadap badai tropis.

"Badai tersebut, akan menyebabkan angin bergerak lebih kencang serta gelombang tinggi di lautan," kata Joko Sulistyo Kepala Kelompok Prakirawan BMKG Klas 1 Juanda, Selasa (24/1/2012).

Menurutnya tanda-tanda badai tropis tersebut saat ini sudah terlihat karrna sekarang sudah tampak muncul di dua titik di Samudera Indonesia. Diterangkan Joko, munculnya badai tropis ini akibat tekanan udara di dua titik tersebut rendah.

Akibat udara bertekanan rendah ini akhirnya memicu munculnya angin atau badai yang kencang. Sehingga badai kencang ini akan berdampak pada semakin tingginya gelombang. "Masyarakat yang setiap harinya berada di laut, harus mewaspadai badai tropis ini," himbaunya.

Joko memperkirakan, badai tropis tersebut akan terjadi selama dua atau tiga hari ke depan. Badai tropis tersebut juga akan dirasakan masyarakat di Jawa Timur karena badai tropis ini akan meningkatkan kecepatan angin antara 35 hingga 40 kilometer per jam. “Kalau di wilayah Samudera Indonesia, kecepatan badai tropis melebihi angka 50 kilometer per jam,” papar Joko dengan juga memperkirakan hujan angin masih tetap tinggi hingga awal Februari ke depan. [isa/ted]

- Copyright © Sejahtera FM - Odanje.com - Powered by OdanJe - Designed by D-tube -