Malang - Situasi yang kurang kondusif di Kota Malang akibat banyaknya aksi demo penolakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), membuat Pemkot Malang harus mengundur jadwal upacara dan pesta rakyat menyambut HUT kota Malang ke -98 yang sedianya digelar pada 1 April.

Ketua Pelaksana pesta rakyat Hadi Santoso mengatakan, sesuai petunjuk Walikota Malang, sangat tidak memungkinkan jika melakukan upacara HUT Kota Malang dan pesta rakyat tepat ditanggal 1 April.

“Tanggal itu merupakan hari pertama kenaikan BBM, dan dimungkinkan akan banyak aksi. Sehingga pihak kepolisian tidak mungkin melepas kawat berduri disepanjang depan kantor DPRD Kota Malang dan Balaikota Malang.,” kata Sony, panggilan Hadi Santoso, Kamis (29/3/2012).

“Pengunduran waktu ini demi kepentingan bersama, jadi kami terpaksa menunggu hingga kondisi kembali kondusif dan instruksi dari Walikota,” imbuh pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Malang ini.

Selain pesta rakyat, pada 1 April mendatang rencananya juga akan ada
pemberian penghargaan rekor Muri untuk Walikota Malang sebagai Kota peraih prestasi terbanyak, serta penyerahan penghargaan kepada Kunto Hartono, dan ada pesta kembang api.

Mengenai hingga kapan diundurnya pesta rakyat ini, Sony belum bisa memastikan. Namun, diusahakan masih dalam bulan April ini dan tergantung pada pihak yang berwenang, dalam hal ini pemberi izin juga pihak sponsor dari PT Djarum.

Menurutnya, meskipun ada penundaan, Sony berharap artis yang ditampilkan tetap. Namun, jika memang dari pihak sponsor terpaksa harus mengganti, dari Pemkot akan mencarikan pengganti yang setara. Rencananya, Pemkot akan menampilkan The Bagindas dan Sheila On 7.

“Sebenarnya kami sangat berharap band lokal (The Bagindas) yang menghibur warga Malang,” ujarnya.

Meskipun terpaksa harus mengundur upacara dan pesta rakyat, namun pemanjatan doa yang dikuti oleh 6 unsur agama pada malam 31 tetap dilaksanakan. Menurutnya, setidaknya ada kegiata yang menandakan hari ulang tahun Kota Malang.

- Copyright © Sejahtera FM - Odanje.com - Powered by OdanJe - Designed by D-tube -