Blitar - Jalan raya penghubung Kabupaten Blitar-Malang,  tepatnya di kawasan Selorejo amblas 60 cm serta merekah. Padahal, jalan provinsi tersebut baru saja diperbaiki.

Kerusakan jalan ini billa tak segera mendapat perhatian serius dari pemerintah maka jalur utama dari Blitar ke Malang maupun arah sebaliknya terancam lumpuh. Dan resiko kecelakaan akan tinggi.

Pantauan detiksurabaya.com, Jumat (9/3/2012) sore, bagian aspal jalan yang retak menganga dengan lebar sekitar 20 cm, merata sepanjang 500 meter.

Menurut warga sekitar, rusaknya jalan itu mulai terjadi saat hujan mengguyur sepanjang dua hari terakhir. Kondisinya semakin parah, setelah tebing setinggi 15 meter longsor, hingga rekahannya makin membelah jalan raya.

"Awalnya aspal retak, jalannya langsung ambles setelah hujan deras dua hari,"kata Mugik (30), warga Selorejo.

Mugik menambahkan, akibat amblasnya jalan ini, warga berinisiatif membantu untuk mengatur lalu lintas, serta meminta sumbangan pengguna jalan raya.

Slamet (54), petugas pengamat jalan Wlingi-Selorejo dari UPTD DPU bina Marga Provinsi Jawa Timur menyatakan kerusakan jalan diakibatkan permukaan tanah yang labil.

"Jalan raya di wilayah ini memang labil tanahnya, ditambah dengan hujan yang turun tiada henti sehingga jalan ambles," kilah slamet kepada detiksurabaya.com di lokasi.

Kerusakan yang sangat membahayakan pengguna jalan itu kata Slamet telah dilaporkan untuk segera mendapatkan penanganan.

- Copyright © Sejahtera FM - Odanje.com - Powered by OdanJe - Designed by D-tube -