Bandung - Sebuah pesawat Bravo milik Federasi Aerosport Indonesia (FASI) jatuh saat beraksi dalam acara Bandung Air Show, sekitar pukul 11.30 WIB di Bandara Husein Sastranegara, Sabtu (29/9/2012). Menurut saksi mata, Kevin (17) saat itu pesawat sedang atraksi manuver terbalik.


Namun posisi pesawat dalam keadaan terbang rendah. "Pesawat jenis bravo tadi atraksinya terbalik, namun terbangnya rendah sehingga saat mau ke posisi sempurna tidak sempat ke atas," ujar Kevin kepada wartawan saat ditemui di lokasi kejadian.

 Pesawat tersebut jatuh di Komplek Husein Sastranegara, namun beruntung pesawat Bravo tersebut tidak jatuh tepat di area pelaksanaan Bandung Air Show 2012. 

Hingga saat ini belum diketahui tepatnya pesawat tersebut jatuh. Di lokasi kejadian sempat terlihat kepulan asap.


Pilot Marsekal Muda Purn Nurman Lubis dan satu orang asisten pilot Toni berada di dalam pesawat jenis Bravo yang jatuh di acara Bandung Airshow. Informasi dari Kemenhub, keduanya meninggal dunia.

"POB: 2 (meninggal semua)," tutur Kepala Pusat Komunikasi Publik (Kapuskompu) Kemenhub Bambang S Ervan dalam pesan singkatnya kepada detikcom, Sabtu (29/9/2012).

Bambang menjelaskan pesawat yang jatuh bertipe Bravo 2012 dengan registrasi LM 2003 (milik TNI AU). Menurut Bambang pesawat tersebut jatuh saat sedang melakukan gerakan akrobatik.

Pesawat jenis Bravo 202 terjatuh di luar Lanud Husein Sastranegara, Bandung, saat sedang beratraksi pada perhelatan Bandung Air Show 2012. Saksi mata mengatakan pesawat terjatuh saat mencoba melakukan manuver terbalik untuk kali kedua.

"Jadi dari arah selatan, satu kali berhasil manuver terbalik, namun saat kedua kali melakukan hal serupa pesawat hilang dari pandangan. Ketika ngelewatin pohon nggak kelihatan lagi, terus terlihat ada asap," kata salah seorang saksi, Rendy (25), saat ditemui di Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Sabtu (29/9/2012).

Rendy datang ke lokasi Bandung Air Show 2012 untuk menyaksikan atraksi pesawat. Dia terkejut saat menyaksikan atraksi yang berujung jatuhnya pesawat itu.

"Saya kaget juga saat melihat ada asap," ujarnya.

Sebuah pesawat terjatuh di lokasi Bandung Air Show 2012, Bandara Husein Sastranegara. Pesawat itu jatuh saat melakukan atraksi.

Pesawat yang jatuh adalah pesawat latih jenis Bravo 202 milik Federasi Aeorosport Indonesia. Pesawat itu jatuh sekitar pukul 11.30 WIB di luar bandara.


- Copyright © Sejahtera FM - Odanje.com - Powered by OdanJe - Designed by D-tube -