Jakarta - Kamera di iPhone 5 dikritik lantaran menampilkan flare berwarna ungu setelah mengambil gambar. Cacat yang disindir sebagai 'iPurple' ini ternyata juga bisa menjangkiti piranti manapun, termasuk handset Android.

Menurut hasil uji coba yang diklaim oleh Consumer Reports, masalah efek keungu-unguan ini biasa didapatkan saat kamera smartphone diambil di posisi tertentu, khususnya saat di sudut yang cahayanya over.

Di balai pengujiannya, Consumer Reports mengetes sejumlah perangkat seperti iPhone 4S, Galaxy S III, dan Motorola Droid Razr Maxx. Hasilnya memang ada beberapa foto yang juga menampilkan gambar dengan flare ungu.

"Semua lensa kamera, bahkan itu adalah SLR yang mahal sekalipun, terkadang akan menghasilkan flare. Hal ini biasanya didapatkan dari sumber cahaya yang terang," tukas pihak Consumer Reports, yang di kutip dari Apple Insider, Kamis (11/10/2012).

"Seberapa banyak flare itu muncul tergantung dari seberapa menyesuaikan lensa," tambahnya.

Perusahaan itu juga menambahkan, masalah ini bukanlah sesuatu yang terlalu menganggu dan bisa diatasi dengan mudah. Salah satunya dengan menjauhkan dari sumber cahaya langsung.


Apple memberikan penjelasan megenai fenomena purple flare atau yang sering disebut sebagai iPurple pada hasil foto iPhone 5 dan menyatakan hal ini lumrah terjadi disemua smartphone, tak hanya iPhone 5 saja.

Fenomena iPurple menambah deretan masalah yang terjadi pada ponsel iPhone 5 yang sebelumnya telah dikabarkan memiliki masalah pada Apple Maps dan juga masalah goresan pada back cover iPhone 5 versi warna hitam.
Awalnya pengguna mengira bahwa purple flare atau iPurple yang muncul pada hasil foto yang diambil menggunakan iPhone 5 adalah sebuah cacat atau masalah, namun Apple menganggapnya hal yang lumrah terjadi.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California ini mengatakan bahwa masalah iPurple yang muncul ketika pengguna mengambil gambar adalah akibat refleksi dari permukaan modul kamera dan sensor kamera yang menyebabkan munculnya fenomena yang tidak diinginkan.

Fenomena purple flare atau iPurple yang muncul pada hasil jepretan iPhone 5 ini dinilai cukup mengganggu oleh pengguna karena muncul kabut berwarna ungu.

Apple juga menambahkan bahwa fenomena semacam ini adalah hal yang biasa atau lumrah terjadi pada iPhone 5 maupun smartphone lain. Perusahaan berlogo buah apel ini juga menyarankan pennguna untuk mengubah komposisi gambar dan melindungi kamera ponsel dengan tangan untuk mengurangi efek iPurple.
Seperti yang dilansir dari TheVerge (07/10/2012), munculnya berbagai masalah di ponsel iPhone 5 seperti pada Apple Maps, Casing yang tergores dan fenomena iPurple ini akan membuat pengguna ragu mengenai kehandalan perangkat iPhone keluaran terbaru ini.

Apple selaku pembesut ponsel iPhone 5 pun juga berusaha untuk meyakinkan pengguna agar tak khawatir mengenai masalah iPurple, karena menurutnya, fenomena ini adalah hal yang biasa.

- Copyright © Sejahtera FM - Odanje.com - Powered by OdanJe - Designed by D-tube -