Pantas saja sejak sekitar pukul 11.00 WIB BBM saya menjadi error alias tanda silang merah. Karena saya menggunakan operator XL dan Telkomsel yang keduanya sama-sama error, saya yakin ini bukan masalah pada jaringan operator tapi lebih kepada server RIM yang ngadat.

Head Corporate Communication PT XL Axiata Tbk menyatakan bahwa RIM memberikan konfirmasi terkait gangguan jaringan BBM hari ini. Menurut RIM, memang terdapat gangguan di seluruh Indonesia yang murni berasal dari pihak RIM.
Meski ini bukan kesalahan pihak operator, Turina Farouk mewakili XL menyatakan bahwa pihaknya akan berusaha mengatasi gangguan ini. Koordinasi dengan RIM pun sudah dilakukan dan masih dalam proses. Untuk kepastian kapan BBM akan kembali normal, hal itu masih belum bisa dipastikan.
Melalui akun BlackBerry Indonesia di Facebook: http://www.facebook.com/BlackBerryID, RIM juga menyatakan hal yang sama. Selain Indonesia, gangguan ini juga melanda area Asia Pasific. Gangguan ini dilaporkan hanya terjadi pada BBM, tidak pada server email RIM.
Akibat gangguan yang cuma ‘sebentar’ ini, banyak pengguna BBM yang mengeluh karena tidak bisa menerima dan mengirim pesan BBM. Semoga permasalahan ini cepat diselesaikan RIM.
UPDATE
Sekitar pukul 16.00 WIB, BBM sudah mulai normal. Bagi yang belum bisa, disarankan untuk merestart BBnya.

- Copyright © Sejahtera FM - Odanje.com - Powered by OdanJe - Designed by D-tube -