Depan Gedung Grahadi Dipenuhi Buruh, Jalan Ditutup




Surabaya, Ribuan massa yang bergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia Jawa Timur memenuhi Jl. Gubernur Suryo depan Gedung Negara Grahadi.

Para buruh datang menggunakan 10 bus dan ratusan sepeda motor. Kendaraan yang digunakan mereka diparkir di depan Tunjungan Plaza, kemudian buruh berjalan kaki membuat barisan menuju Gedung Grahadi.

Paling depan membuat pagar betis dan di belakangnya para buruh membawa poster yang berisi tuntutan mereka.

Akibat aksi ini polisi melakukan rekayasa lalu lintas. Arus kendaraan dari Jl. Basuki Rahmat dan dari Jl. Tunjungan ke arah Jl. Gubernur Suryo diarahkan ke Jl Embong Malang.

Sementara itu kendaraan yang terlanjur masuk di Jl. Gubernur Suryo dibukakan dua lajur paling kanan dari 5 lajur yang ada. Akibatnya kemacetan pun terjadi.

Majelis Pekerja Buruh Indonesia Jawa Timur, ini mengancam menduduki Gedung Grahadi Surabaya. Mereka akan mendesak Soekarwo, Gubernur Jatim menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMSK) 2013.

Jamaluddin, koordinator aksi, kepada suarasurabaya.net, Kamis (20/12/2012) mengatakan, aksi ini diikuti lebih dari seribu buruh yang berasal dari Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan dan Mojokerto.

"Ada dua tuntutan besar, jalankan upah sektoral dan yang kedua besaran upah sektoral minimal harus Rp 1,870 juta hingga Rp 2,262 juta untuk daerah ring satu," kata Jamaluddin.

- Copyright © Sejahtera FM - Odanje.com - Powered by OdanJe - Designed by D-tube -