Bagaimana Bergaul dengan Orang yang Tidak Anda Suka?

Jika Anda bertemu dengan seseorang yang tidak Anda sukai, Anda tak perlu menyerah. Mungkin alasan Anda tidak menyukai orang ini adalah akibat dari perbuatannya terhadap Anda. Namun, terkadang Anda tidak dapat menghindari orang tersebut.

Oleh karena itu Anda pun jadi dilema. Sebab, Anda harus berperilaku biasa saja meskipun perilaku Anda tak sesuai dengan kata hati Anda.

Apabila hal ini terjadi pada Anda, mungkin ada hal sederhana yang dapat Anda lakukan seperti berpikir positif tentang orang yang tak Anda suka.

Mungkin masalah ini muncul dari orang-orang lain. Padahal, Anda sudah tak ingin berurusan dengan masalah ini. Kemudian, terkadang hal yang mempengaruhi adalah karena Anda diprovakasi oleh orang lain, sehingga Anda semakin kesal terhadap orang yang tak Anda sukai.

Sebuah penelitian di tahun 2013 dari laboratorium University of Groningen oleh psikolog Melvyn Hamstra dan rekannya menemukan, beberapa faktor penting yang dapat mempengaruhi hubungan seseorang.

Ide di balik penelitian ini adalah bahwa dari "regulatory fit", yang berarti Anda bersedia mengeluarkan energi yang lebih banyak terhadap hal yang ingin dilakukan.

Umumnya, jika Anda menyukai sesuatu, Anda bersedia untuk mengeluarkan lebih banyak energi ke dalamnya, tetapi Anda bisa juga mengeluarkan energi yang sama pada hal yang tak Anda sukai.

Nah, sebagai contoh adalah ketika Anda menyukai seseorang, Anda akan berusaha sekeras mungkin untuk menjalin hubungan baik dengan orang itu. Sebaliknya, Anda akan mencoba sekeras mungkin untuk menghindari orang yang tak Anda sukai.

Studi ini juga menunjukkan bahwa saat Anda melihat kembali dalam kepribadian Anda, ternyata memang terlihat Anda kurang cocok dengan orang yang tak Anda sukai.

Orang tersebut mungkin bukan orang jahat, hanya saja dia tidak sesuai dengan kepribadian Anda. Misal, Anda adalah orang yang pesimis dan orang itu orang yang optimis, atau hal lainnya Anda adalah orang yang santai, sementara orang itu tampak lebih tegang dan pendiam.

Temuan Hamstra juga menunjukkan bahwa semakin banyak ketidakcocokan yang ada, rasa kekesalan Anda terhadap orang tersebut akan semakin kuat.

Menyadari sifat subjektif dari reaksi Anda terhadap orang yang tak Anda "sukai" dapat menjadi langkah pertama menuju mencari kesamaan. Berbicara melalui perbedaan Anda, mungkin di hadapan pihak ketiga, bisa membantu Anda berdua tahu bagaimana, tidak hanya setuju untuk berbeda, tetapi untuk saling melengkapi.

Mungkin Anda dan dia tidak akan menjadi teman baik, tapi setidaknya Anda dapat belajar untuk menghormati perbedaan tersebut. Pemenuhan dalam kehidupan sehari-hari tergantung pada banyak faktor; bergaul dengan orang-orang yang berbeda dapat menjadi salah satu cara Anda untuk mendapatkan pembelajaran. (AP/KOMPAS)

- Copyright © Sejahtera FM - Odanje.com - Powered by OdanJe - Designed by D-tube -