Jean Batten
Jean Batten Tampil di Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

Keluarga Sejahtera, Jean Batten terpilih menjadi tokoh Google Doodle hari ini. Namun siapakah Jean Batten, sehingga terpilih sebagai tokoh Doodle? Jean Batten adalah seorang aviator atau pilot berkebangsaan Selandia Baru. Jean Batten lahir pada tanggal 15 September 1909 di  Rotorua, North Island, New Zealand.

Dalam sejarah singkat, Jean Batten merupakan pilot wanita yang pertama kali memecahkan rekor dunia dengan melakukan penerbangan sendirian dari Inggris ke Selandia Baru dengan akumulasi waktu 11 jam 45 menit pada tahun 1936.

Pada saat masih usia 18 tahun, Batten sudah memiliki tekad besar untuk menjadi seorang pilot dan mengambil penerbangan solo pertamanya pada tahun 1930 dan memperoleh lisensi pribadi dan komersil di tahun 1932.

Pada bulan Mei 1934, Batten berhasil melakukan penerbangan sendiri dari Inggris ke Australia dengan Gipsy Moth. Perjalanannya dari 14 hari dan 22 jam mengalahkan rekor penerbang Amy Johnson.

Sebuah fakta mengejutkan tentang Jean Batten adalah pencapaian rekor terbangnya. Pilot perempuan ini berhasil menaklukkan Atlantik Selatan dengan penerbangan solonya. Jean Batten dinobatkan sebagai penerbang perempuan pertama yang berhasil melintasi Atlantik Selatan pada tahun 1935.

Pada tahun 1936, Jean Batten kembali memecahkan rekor dunia. Dengan melakukan penerbangan dari Inggris ke Selandia Baru hanya ditemani seekor kucing kesayangannya, Buddy. Jean Batten mengungkapkan jika peristiwa tersebut adalah bagian terpenting dalam hidupnya.

Prestasi dalam penerbangan memecahkan rekor diantaranya, pernah dianugerahi Harmon Trophy tiga kali yaitu di tahun 1935, 1936 dan 1937. Dia juga mendapatkan sponsor dan dikontrak oleh minyak Castrol.

Namun tepat tanggal 22 November 1982, Jean Batten meninggal di Palma de Mallorca, Spanyol akibat komplikasi gigitan anjing. Jean Batten dikenal sebagai wanita yang mempu menembus rekor penerbangan antar dunia.

Untuk menghargai keberanian serta rekor terbangnya, Google, Kamis 15 September 2016 ini menjadikan Jean Batten sebagai tokoh Google Doodles Today. Di mana hari ini merupakan perayaan ulang tahun Jean Batten yang ke-107. (AGT)

- Copyright © Sejahtera FM - Odanje.com - Powered by OdanJe - Designed by D-tube -